Rabu, 19 Desember 2018

Peraturan baru Shopee Pay memudahkan atau justru merugikan pengguna Shopee?

Peraturan baru Shopee Pay
Selama ini jika pesanan kita batal maka uang kita akan otomatis masuk ke dana ShopeePay. Dana ShopeePay itu sendiri bisa langsung kita tarik ke rekening kita atau kita gunakan kembali untuk membayar pesanan yang lain. Tapi saat ini kita tidak bisa lagi dengan mudah menarik dana ShopeePay ke rekening kita. Ada sejumlah data yang harus kita berikan untuk dapat menarik dana ShopeePay, kecuali kamu ingin menggunakan dananya untuk membayar pesanan yang lain (masih seperti cara lama kamu cukup memasukkan kode pin ShopeePay saja). Saya juga tidak tahu sejak kapan peraturan baru Shopee Pay ini berlaku, tetapi saat ini Shopee sudah menetapkan peraturan baru bagi penarikan dana ShopeePay ke rekening.
Peraturan baru ShopeePay
Banyak data penting yang harus diberikan
Saat ini untuk dapat melakukan proses penarikan dana ke rekening Bank kamu diharuskan mengisi sejumlah data penting yang biasanya dibutuhkan oleh bank, yaitu Nama, No. KTP, Tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat sekarang, pekerjaan, no. hp dan nama ibu kandung. Selain data-data tersebut shopee juga mengharuskan pengguna untuk mengupload foto KTP dan foto diri sambil memegang KTP. 

Waduh data-data yang harus diberikan sangat lengkap dan penting ya, sangat berbahaya jika data-data ini jatuh ke tangan orang yang berkepentingan lain. Saya juga tidak tahu kenapa shopee membutuhkan data pekerjaan dan nama ibu kandung yang menurut saya juga sangat penting karena data nama ibu kandung biasanya dibutuhkan pihak bank untuk memverifikasikan data diri kita. Sangat berbahaya bukan kalau sampai data ini bocor dan jatuh kepada orang yang berniat jahat.
Data yang harus diberikan untuk Verifikasi ShopeePay

Awas Akun Shopee Pay bisa terblokir / dinonaktifkan 
Kalau kamu salah memasukkan kode pin sebanyak tiga kali hati-hati akun ShopeePay kamu bisa terblokir seperti saya -_- Menurut customer shopee yang saya hubungi via email support@shopee.co.id jika user salah memasukkan PIN ShopeePay sebanyak 3 kali maka akun ShopeePay akan terblokir selama 30 menit terlebih dahulu. Setelah 30 menit user akan diberi kesempatan kembali untuk memasukkan PIN sebanyak 2 kali lagi sebelum akun benar-benar diblokir/dinonaktifkan.

Karena itu customer shopee menyarankan untuk lebih amannya jika kamu sudah 3 kali salah memasukkan kode PIN sebaiknya kamu pilih pilihan ubah kode PIN. Dimana nantinya shopee akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor hp yang kamu daftarkan untuk dapat mengubah PIN ShopeePay.

Sayangnya, karena kurangnya sosialisasi dari shopee tentang peraturan baru ShopeePay ini saya sudah salah memasukkan kode PIN sebanyak 5 kali. Hal ini tentu mengakibatkan akun ShopeePay saya dinonaktifkan sehingga uang di ShopeePay saya juga tertahan. Untuk dapat mengaktifkannya kembali saya pun segera menghubungi customer service shopee via email. Di emailnya saya mencantumkan data screenshot peringatan shopee pay, username dan nomor telepon akun saya. Akun shopee pay saya pun baru bisa diaktifkan kembali setelah saling berbalas email selama 4 hari -__-

Semoga saja shopee mau memikirkan ulang peraturan barunya ini sehingga bisa lebih memudahkan dan memberikan kenyamanan dan terutama keamanan bukan saja bagi Shopee tapi juga bagi pengguna shopee ya! 

1 komentar:

  1. wah aku belum pernah nyobain shopeepay ini, karena khawatir juga sih mau verifikasi minta data pribadi

    BalasHapus

Follow Me